Sehat Alami

Khasiat Klasik Zaitun
Khasiat zaitun dikenal sejak ribuan tahun lalu karena mengandung asam oleic (oleic acid) dan polifenol yang mampu menjadi antioksidan bagi kulit, dan rambut yang biasa menjadi keluhan setiap wanita, seperti keriput, kulit bersisik hingga rambut bercabang. Berikut beberapa perawatan dari zaitun untuk rambut hingga kulit agar selalu terjaga kelembutannya.

Rambut
Gunakan buah zaitun dalam bentuk minyak untuk menjaga sinar mahkota Anda. Caranya, oleskan ke seluruh bagian rambut dari pangkal rambut hingga ujung. Bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti alpukat yang sudah dihancurkan atau kemiri, selain bersinar, rambut Anda akan terlihat lebih hitam dan tebal.

Wajah
Menghapus garis kerutan serta menunda penuaan dini pada wajah dengan mengoleskan zaitun ke seluruh bagian wajah yang sudah mulai dihinggapi garis-garis kerutan dan kering. Sambil diberi pijatan, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kulit
Setelah melewati usia 18, kulit akan mengalami penurunan daya elastisitas karena kerusakan akibat radikal bebas seperti polusi atau berkurangnya kolagen dan serat elastis. Akibatnya, timbullah keriput-keriput halus. Oleh karena itu, oleskan zaitun ketika mandi atau sebelum melakukan aktivitas, ke seluruh bagian tubuh. Zaitun mampu memberi rasa lembab serta kandungan oleic acid yang mampu mengenyalkan kulit.

(Wisnu Sulistyanto/Tabloid Nova)
Sumber: KOMPAS.com – Kamis, 29 Juli 2010
______________________________________________________

3 Panduan Memilih Minyak Zaitun
Berbagai merek dan istilah dalam kemasan minyak zaitun kerapkali bikin bingung. Ada yang berwarna kuning jernih serta kuning kehijauan. Warna botolnya pun beragam, sebagian bening sementara yang lain gelap. Sebenarnya, apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika membeli minyak zaitun? Simak panduan dari Nicholas Coleman, pemerhati minyak zaitun dari restoran ternama Eataly di New York, berikut ini:
  1. Dikemas dalam botol kaca berwarna gelap. Jenis kemasan ternyata turut menentukan kualitas minyak zaitun. Hindari membeli minyak zaitun yang disimpan dalam botol plastik. Botol ini mudah ditembus cahaya dan suhu panas, yang akan merusak rasa dan susunan molekul minyak zaitun.
  2. Dilengkapi label "extra virgin". Artinya, minyak zaitun itu tidak melalui banyak proses pengolahan, sehingga khasitnya masih terjaga. Berbeda dari yang berlabel "olive oil" atau "pure olive oil". Kedua label ini menandakan proses pengolahan yang lebih panjang.
  3. Tak perlu pusing dengan warna kuning atau hijau. Warna minyak zaitun bisa bervariasi dari kuning hingga kehijauan. Perbedaan ini tergantung pada jenis buah zaitun yang diolah, serta tahap pemerasannya. Jadi, minyak zaitun warna hijau atau kuning, sama baiknya.
(Prevention Indonesia)
Sumber: KOMPAS.com – Selasa, 27 Desember 2011
______________________________________________________

Minyak Zaitun yang Kaya Manfaat
Bahan makanan yang terkenal dari dataran Mediterania ini merupakan bahan yang sering dihubungkan dengan kesehatan. Namun, minyak zaitun memiliki banyak fungsi dan manfaat baik untuk berbagai keperluan. Meski tergolong mahal dan jarang ada di pasaran, setidaknya Anda kini tahu bahwa minyak zaitun tak hanya bisa digunakan untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan dan keperluan rumah tangga lain. Sehingga, ketika Anda menyimpan minyak zaitun, Anda sudah tahu bahwa Anda berinvestasi untuk banyak hal. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun.

1. Kulit sehat (melawan kanker)
Zat yang dimiliki minyak zaitun, linoleic acid, merupakan sebuah zat yang mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit. Menurut Leslie Baumann, M.D., pengarang The Skin Type Solution, mengkonsumsi buah dan minyak zaitun bisa memberikan kulit sehat, sama ketika dikenakan sebagai olesan. Teteskan minyak zaitun ke dalam air mandi hangat untuk tambahan kesehatan. Baumann menambahkan, bahwa minyak zaitun juga mengandung setidaknya 4 zat antioksidan yang berbeda. Hal ini berarti membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit dan kanker kulit.

2. Mengurai rambut kusut
Untuk mengatasi rambut kusut dan rusak, oleskan minyak zaitun pada sisir, lalu sisirkan pada rambut yang kering atau melayang, khususnya di udara yang dingin atau lembab. Michael de Jong, penulis Clean Body menyarankan untuk mengoleskan rambut dengan minyak zaitun, bungkus dengan shower cap setidaknya 3 menit, lalu keramas seperti biasa. Hal ini akan membantu memberikan kelembaban pada rambut yang sangat kering.

3. Membantu melegakan tenggorokan kucing
Untuk membersihkan tubuhnya, kucing menjilati bagian-bagian tubuhnya. Tak jarang, ada helaian rambutnya yang terlepas dan tersangkut di tenggorokannya. Untuk mengeluarkan rambut-rambut yang menggumpal di tenggorokannya (hairball), kucing harus terbatuk-batuk dan mendehem. Untuk mengurangi kesulitannya, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam makanannya. Selain untuk mencegah hairball, hal ini juga membantunya mendapatkan rambut yang lebih bersinar dan sehat.

4. Mengurangi dengkuran
Menenggak minyak zaitun sebelum tidur bisa memberikan lubrikasi pada otot tenggorokan, sehingga dipercaya bisa mengurangi dengkuran. Termasuk juga mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

5. Mengilapkan furnitur dan besi (termasuk bahan kulit)
Peralatan makan dari perak, perunggu, dan bahan metal lainnya bisa dipoles dengan saus tomat atau pasta gigi. Untuk mencegah bekas, karat, dan noda, gosokkan minyak zaitun pada bahan-bahan tadi. Caranya, campurkan minyak zaitun dan perasan lemon dengan perbandingan 2:1. Celupkan kain lembut ke dalam campuran tadi, bersihkan furnitur dari debu, lalu gosokkan kain tadi. Bisa juga digunakan pada meja kayu. Sementara untuk produk kulit, oleskan minyak zaitun tipis-tipis, diamkan selama 30 menit, lalu lap dengan kain.

6. Bebaskan resleting keras
Terkadang ada tipe-tipe resleting yang mengeras sehingga sulit dibuka. Untuk melancarkannya kembali, teteskan minyak zaitun langsung pada resleting tersebut, lalu perlahan-lahan tarik kembali resletingnya.

7. Melancarkan pintu menderik
Minyak zaitun bisa berkhasiat sebagai lubrikan dalam banyak hal. Untuk menghilangkan suara berdenyit engsel pintu, teteskan minyak zaitun. Anda mungkin lebih memilih WD-40 untuk hal-hal tersebut. Namun, bahan dasar WD 40 adalah hidrokarbon jadi setiap saat kita mengurangi penggunaan zat tersebut, kita semakin menjaga bumi agar lebih bersih.

Sumber: KOMPAS.com – Selasa, 4 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun.
Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya....