Selasa, 31 Mei 2016

EMAIL UNTUK KERABAT #story55thbankbjb

Berikut ini adalah email dari Nunung Setiawati, seorang buruh migran Indonesia (BMI) warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kepada kerabat sekaligus rekannya sesama BMI di Hongkong.



Teh Yeyet dan Kang Dadang yang kurindukan...

Assalamu ‘Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh...

Ketika menulis email ini, Alhamdulillah, saya dalam kondisi baik-baik saja. Semoga Teh Yeyet dan Kang Dadang serta semua kerabat kita yang sedang berjuang di rantau orang situ lebih baik lagi, serta senantiasa berada dalam lindungan Gusti Allah. Aamiin, ya Allah...

Saya minta maaf karena baru bisa menghubungi kalian sekarang. Soalnya, saat pertama kali tiba di sini semingguan yang lalu, saya sempat tepar selama beberapa hari. Ambu dan abah jadi kuatir dan langsung membawa saya ke dokter. Namun setelah memeriksa saya, dokter bilang tidak ada apa-apa, saya hanya kelelahan saja.

Ya, maklum, perjalanan Hongkong – Bandung jaraknya tidaklah dekat. Apalagi, seperti yang kalian ketahui, ini adalah pertama kali saya mudik sejak saya bekerja di Hongkong 12 tahun yang lalu. Tentu itu membuat tubuh saya stres berat kemarin itu.

Tetapi kini saya merasa sangat bahagia, utamanya karena saya sekarang bisa bertemu kembali dengan ambu, abah, nini, dan semua anggota keluarga kita di sini.

Teh Yeyet dan Kang Dadang yang baik...

Sebenarnya tujuan saya mengirim email ini lebih dari sekadar meng-update kondisi saya saat ini. Ada hal lain yang tak kalah pentingnya yang saya ingin sampaikan kepada kalian serta semua rekan-rekan BMI di situ, baik yang berasal dari Jawa Barat maunpun dari seluruh daerah lainnya di tanah air. Yaitu tentang pengiriman uang hasil jerih payah kita di negeri orang untuk sanak keluarga tercinta di sini yang menjadi sasaran pengabdian kita.

Selama ini kita menggunakan jasa perbankan asing yang kita anggap paling canggih sehingga kita lebih mempercayainya ketimbang bank yang ada di daerah kita sendiri. Padahal, pandangan itu sangat keliru.

Saya baru menyadarinya beberapa hari yang lalu, saat saya menghadiri pesta pernikahan tetangga kita di sini. Ternyata hampir semua warga kota kita ini, termasuk mereka yang kerabatnya bekerja sebagai BMI di berbagai negara di dunia, sejak lama menggunakan jasa bank bjb untuk semua transaksi keuangan mereka, baik berupa simpanan, kredit, maupun jasa-jasa perbankan lainnya.

Dari para karib kerabat kita di sini, saya mendapat informasi yang sangat mencengangkan tentang bank bjb, sekaligus membuat saya sungguh bangga sebagai warga Provinsi Jawa Barat pada khususnya dan warga negara Indonesia pada umumnya, antara lain:
  • Tahun lalu (2014 hingga 2015), laba bersih bank bjb melonjak 23,30 % dari Rp 1.120 triliun menjadi Rp 1.381 triliun.
  • Dalam periode yang sama, total aset bank bjb pada tahun 2015 naik 16,92 % dari Rp 75,86 triliun menjadi Rp 88,69 triliun.
  • Tahun lalu (2015), bank bjb berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp72.637 triliun. Ini meningkat sebesar 19% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp61.040 triliun.

Bukan hanya saya yang ternganga-nganga. Orang-orang dari berbagai daerah lain yang kebetulan hadir dalam pesta itu juga ikut terperangah. Soalnya kita semua tahu, terutama dari media online, bahwa tahun 2015 itu bukanlah periode yang mudah bagi dunia perbankan. Banyak tantangan yang menghambat kinerja mereka. Secara makro, pertumbuhan ekonomi di dalam negeri melambat menjadi hanya sebesar 4,79%, jauh di bawah tahun sebelumnya yang mencapai 5,02%.

Pada saat yang sama, tekanan juga datang dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang sempat bertengger pada posisi di atas Rp14.000 per dolar AS, yang terendah setelah krisis moneter tahun 1998. Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) pada tahun 2015 juga masih tinggi, yaitu 7,50%. Ini tentu menjadi beban bagi dunia usaha maupun daya beli masyarakat. Pada akhirnya, kondisi ini berimplikasi negatif terhadap industri perbankan.

Orang-orang di pesta tersebut pun berdecak kagum ketika mengetahui bahwa ternyata bank bjb berhasil mendapatkan penghargaan BUMN/D dengan Unit Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2015 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai wujud komitmennya atas penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Subhanallah...

Komitmen serta kontribusi bank bjb bagi negara diapresiasi oleh Kementrian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Barat I dengan menganugerahi bank bjb sebagai Wajib Pajak Terbaik pada 13 Januari 2015.

Jadi, Teh Yeyet dan Kang Dadang, di sini saya sangat berharap agar kalian berdua segera beralih menjadi nasabah bank bjb serta mengajak semua karib kerabat kita di situ agar melakukan hal yang sama. Pasalnya, ATM bank bjb terdapat di mana-mana dan dapat diakses selama 24 jam per hari. Sampai 31 Desember 2015, bank bjb memiliki 62 Kantor Cabang, 312 Kantor Cabang Pembantu, 326 Kantor Kas, 134 Payment Point, 11 mobil kas dan 1.204 ATM.

Oh ya, tolong informasikan pula semua ini kepada rekan-rekan BMI lainnya di rantau situ yang berasal dari kawasan timur Indonesia karena bank bjb mulai berekspansi ke sana. Pada 26 Februari 2015, guna meningkatkan portofolio kredit konsumer, bank bjb bekerjasama dalam pengambilalihan piutang (Asset Buy) portofolio kredit konsumtif multiguna Bank Sulteng oleh bank bjb sekaligus menjadi marketing strategy bank bjb di kawasan tersebut. Berkaitan dengan ini, bank bjb telah pula melakukan Pengambilalihan Piutang (Asset Buy) portofolio kredit konsumtif Bank Sultra pada 16 Juni 2015.

Sebenarnya, untuk jangka panjang, saya sangat berharap agar semua BMI seperti kita menggunakan bank bjb sebagai satu-satunya bank yang melayani semua urusan perbankan kita. Ini akan menjadi win-win solution bagi semua stakeholder terkait.

Teh Yeyet dan Kang Dadang masih ingat kan? Data BNP2TKI menunjukan bahwa BMI berjumlah lebih dari 6 juta orang, 90 persennya bekerja di sektor informal, terutama pembantu rumah tangga yang tersebar di Malaysia, Arab Saudi, Hongkong, Singapura, Brunei Darussalam, serta negara-negara lainnya. Kontribusi kita kaum BMI ini bagi perekonomian Indonesia sangat fantastis. Kita menghasilkan devisa berupa remitansi sekitar 70 milyar dollar AS per tahun atau sekitar seribu trilyun (satu kuadriliun) rupiah. Ini pasti membuat negara kita sangat leluasa untuk mengimpor berbagai barang dan jasa guna memacu industri dan pembangunan bangsa kita.

Guna lebih memperteguh hati kalian semua di situ, perhatikanlah visi, misi, nilai-nilai, serta uraian tentang bidang usaha bank bjb di berikut ini.

Visi bank bjb: Menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia.

Misi bank bjb:
  • Penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah.
  • Melaksanakan penyimpanan uang daerah.
  • Salah satu sumber pendapatan asli daerah.

Ada enam nilai (values) fundamental yang dianut bjb, yaitu Service Excellence, Professionalism, Integrity, Respect, Intelligence, Trust – disingkat SPIRIT – yang tercermin pada 14 butir Perilaku Utama yang wajib dilaksanakan oleh seluruh jajaran manajemen bank bjb mulai dari tingkat teratas hingga terendah, sebagai berikut:

Dalam konteks Service Excellence:
    1. Ramah, tulus, kekeluargaan
    2. Selalu memberikan pelayanan prima

Dalam konteks Professionalism:
    3. Cepat, Tepat, Akurat
    4. Kompeten dan bertanggung jawab
    5. Memahami dan melaksanakan ketentuan perusahaan

Dalam konteks Integrity:
    6. Konsisten, disiplin, dan penuh semangat
    7. Menjaga citra Bank melalui perilaku terpuji dan menjunjung tinggi etika

Dalam konteks Respect:
    8. Fokus pada nasabah
    9. Peduli pada lingkungan

Dalam konteks Intelligence:
    10. Selalu memberikan solusi yang terbaik
    11. Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri
    12. Menyukai perubahan positif

Dalam konteks Trust:
    13. Menumbuhkan transparansi, kebersamaan dan kerja sama yang sehat
    14. Menjaga rahasia bank dan perusahaan



Bidang usaha bank bjb meliputi: penghimpunan dana, penyaluran dana, dan jasa-jasa perbankan lainnya.

Dalam konteks penghimpunan dana, produk-produk bank bjb sangatlah beragam sehingga sehingga kita sangat leluasa memilihnya sesuai kebutuhan dan preferensi kita masing-masing, yaitu:

Giro:
  • bjb Giro Rupiah
  • bjb Giro Valas (USD, austrasi, cina, eropa)
Tabungan:
  • Tabungan bjb Tandamata (Tabungan Anda Masa Datang)
  • Tabungan bjb Tandamata Gold
  • Tabungan bjb Tandamata Dollar
  • Tabungan bjb Tandamata Bisnis
  • Tabungan bjb Tandamata Berjangka
  • Tabungan bjb Tandamata Purnabhakti
  • Simpeda (Simpanan Pembangunan Daerah)
  • TabunganKu
  • Tabungan bjb Tandamata My First
  • Simpanan Pelajar (Tabungan Simpel)
Deposito:
  • bjb Deposito Berjangka
  • bjb Deposito Suka-Suka
  • bjb Deposito Valas
  • bjb Deposito On Call
  • bjb Deposito Diskonto

Dari segi penyaluran dana, dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, maka bank bjb lebih mengarahkan penyaluran dananya pada peningkatan kredit dan pembiayaan ritel yang memberikan multiplier effect kepada seluruh sektor usaha kecil, serta penyaluran program kredit kepada debitur-debitur binaan yang prospektif dengan tetap mengatur kesesuaian penyaluran kredit konsumtif dan produktif secara bertahap. Sedangkan untuk dana-dana yang belum tersalurkan dalam bentuk kredit, dioptimalkan dalam bentuk penempatan dana dan pembelian surat berharga dengan memperhatikan faktor likuiditas, rentabilitas dan risiko.

Penyaluran dana bank bjb dilakukan melalui produk-produk sebagai berikut:

     1. Kredit Umum
            a. bjb Kredit Modal Kerja Umum (KMKU)
            b. bjb Kredit Investasi Umum (KIU)
            c. bjb Kredit Modal Kerja Konstruksi (KMKK)
            d. bjb Kredit Mikro Utama
            e. bjb Kredit Usaha Rakyat
     2. bjb Kredit Cinta Rakyat
     3. bjb Kredit BPR
     4. bjb Kredit Resi Gudang
     5. bjb Kredit Guna Bhakti (KGB)
     6. bjb Kredit Koperasi Karyawan
     7. bjb KPR
     8. bjb Kredit Kepada Koperasi
     9. bjb Kredit Ketahanan Pangan dan Energi
    10. bjb Kredit Sindikasi
    11. bjb Kredit Ekspor
    12. bjb Kredit kepada Perusahaan Pembiayaan
    13. bjb Kartu Kredit

Selain usaha penghimpunan dan penyaluran dana tersebut, bank bjb juga melayani jasa-jasa perbankan lainnya yaitu:
  1. bjb digi
  2. bjb e-SAMSAT Jabar
  3. bjb e-Tax
  4. bjb edu-pay
  5. bjb Tip FX
  6. bjb DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)
  7. bjb Remittance
  8. Jaminan Bank (Garansi Bank)
  9. Letter of Credit & SKBDN
  10. Pre Post Shipment Financing
  11. Inkaso
  12. Kiriman Uang
  13. Western Union
  14. Transfer Kliring Antar Wilayah (Intercity Clearing)
  15. BPDnet Online
  16. Fasilitas Safe Deposit Box (SDB)
  17. Bancassurance
  18. Reksadana
  19. Produk Tresuri
  20. Mobile Banking (M-ATM Bersama)
  21. Layanan bjb Precious
  22. Layanan Weekend Banking
  23. Layanan Kas Mobil
  24. Layanan Penerimaan Pencairan Jaminan dan Pembayaran BUBM BPJS Ketenagakerjaan
  25. Layanan Penerimaan Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Teh Yeyet dan Kang Dadang yang bijak...

Keberadaan serta kiprah bank bjb ini merupakan salah satu momentum terbesar untuk mewujudkan mimpi terbesar kita semua seperti yang tercantum pada lambang daerah kita, yaitu Gemah Ripah Repeh Rapih, yang merupakan pepatah lama Sunda yang bermaksud menyatakan bahwa Jawa Barat adalah daerah yang kaya raya yang didiami oleh banyak penduduk yang rukun dan damai.

Dan kunci untuk mewujudkan mimpi terdahsyat kita itu saat ini ada di tangan kita masing-masing.

Wassalam,
Nunung

NB:
Jika kalian ingin memperoleh informasi selengkapnya tentang bank bjb, silahkan akses:
          BJB Call 14049
          www.bankbjb.co.id
          Twitter: @infobankbjb
          Fb : @BankBJBOfficial
          IG: @bankbjb


Oh ya, sebagai informasi tambahan untuk kalian, saat ini adalah ulang tahun bank bjb ke 55. Doa dan harapanku agar bank bjb semakin memantapkan komitmennya serta langkah-langkah strategisnya dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Dan semoga ke depannya laba  bersih dan aset bank bjb kian meningkat. Happy Anniversary.



Tulisan ini diikut sertakan dalam blog competition #story55thbankbjb

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun.
Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya....