Minggu, 04 Desember 2016

Switch Alpha 12 - Notebook Merangkap Tablet Tercanggih dari Acer

_____________________________________________________________________________

Acer kembali menorehkan tinta emas dalam sejarah per-notebook-an. Kali ini dengan meluncurkan Acer Switch Alpha 12, notebook sekaligus tablet, yang antara lain dilengkapi sistem pendingin anti-berisik dan ramah lingkungan yang pertama kali diciptakan manusia di Planet Bumi.
_____________________________________________________________________________

Dalam dinamika kehidupan modern yang kian kompleks dan penuh tantangan dewasa ini, manusia semakin dihadapkan pada empat kebutuhan vital yang integral, yaitu profesi, informasi, interaksi sosial, dan entertainment – agar bisa survive.

Guna mempermudahnya dalam menangani keempat aktivitas paling strategis tersebut sehari-hari, manusia sangat memerlukan perangkat-perangkat teknologi yang mumpuni. Mereka pun getol melakukan berbagai eksplorasi dan inovasi, utamanya di bidang Information and Communication Technology (ICT).

Terkait upaya menangani kebutuhan profesi dengan baik, lahirlah komputer yang kemudian berkembang antara lain menjadi notebook. Dan di bidang informasi, interaksi sosial, dan entertainment, diciptakanlah ponsel yang belakangan ditingkatkan menjadi smartphone dan selanjutnya tablet.

Di sini nampak jelas, tiap manusia yang dinamis – dalam seluruh aktivitas online dan offline-nya – sangat membutuhkan minimal dua perangkat ICT, yakni notebook dan tablet.

Berita buruknya adalah: menangani kedua perangkat tersebut secara simultan amat ribet dan merepotkan.

Tetapi ada berita baiknya: Acer secara revolusioner dan fenomenal berhasil menyatukan kedua perangkat itu menjadi sebuah gadget futuristik bernama “Switch Alpha 12”.

Walhasil, Switch Alpha 12 itu bukan hanya notebook hybrid 2in1, melainkan buy 1 get 2, atau “beli notebook, gratis tablet”.


Acer telah menanamkan prosesor Intel Core i Series generasi ke-6 yang memiliki kinerja kencang dan hemat energi. Inilah yang membuat Switch Alpha 12 berada di level lebih tinggi dibanding produk-produk sejenis yang masih mengandalkan prosesor Intel Core M.

Ada pula sejumlah keunggulan lainnya: Switch Alpha 12 adalah notebook-plus-tablet yang sangat canggih di kelasnya, kreatif, inovatif, nyaman digunakan, mudah dioperasikan (user-friendly), praktis, ramah lingkungan, lebih ramping dan fleksibel, ringan, dan masih banyak lagi.

Salah satu kelebihan Switch Alpha 12 yang perlu digaris-bawahi ialah penggunaan LiquidLoop. Teknologi sistem pendinginan mutakhir ini mampu menstabilkan suhu mesin notebook itu tanpa kipas. Ini – di samping membuat perangkat ini bebas-bising (noise-free) sehingga kian mempernyaman para spAcer dalam ber-notebook sekaligus bertablet ria – juga merupakan kontribusi yang cukup signifikan dalam rangka ikut mengurangi pemanasan global (global warming) yang semakin menjadi isyu lingkungan paling krusial di seantero jagad saat ini.

Seperti kita ketahui, ada dua masalah pemanasan global yang hingga kini gagal diatasi oleh komunitas internasional. Yaitu meningkatnya emisi gas-gas rumah kaca (GRK) – utamanya karbondioksida (CO2) – akibat kian maraknya pembakaran bahan bakar minyak dan gas bumi serta kebakaran hutan dan sebagainya, dan meningkatnya pulau bahang (heat island) gara-gara penggunaan alat pendingin ruangan (AC) yang berlebihan di gedung-gedung perkantoran di perkotaan.

Teknologi LiquidLoop temuan Acer itu adalah inovasi tercerdas dan terefisien yang pernah diciptakan manusia yang mampu meredam CO2 sebelum ia teremisi menjadi GRK sambil mencegah pembentukan pulau bahang. Ini bisa dianalogikan dengan kondom atau IUD yang meredam proses pembentukan janin di dalam rahim ibu.

Dalam konteks ini tidaklah berlebihan jika tiap pengguna Switch Alpha 12 dijuluki “pahlawan lingkungan” (environmental hero) global.

Berkat LiquidLoop itu pula, Switch Alpha 12 telah “menalak tiga” ventilasi udara yang biasa digunakan pada laptop konvensional sehingga notebook kebanggaan para spAcer ini bebas debu serta hemat energi dengan baterai yang jauh lebih tahan lama. Seperti kita ketahui, notebook yang tertutup debu amat kerap terancam kelebihan panas yang memperpendek usia mesinnya serta lebih mudah kehabisan baterai. Dengan absennya ventilasi itu, spAcer tetap nyaman menggunakan notebook hybrid ini di atas pangkuannya ataupun di atas kasur.

Untuk kenyamanan ekstra, Switch Alpha 12 dilengkapi kickstand yang bisa dimiringkan hingga 165 derajat, serta keyboard docking yang terkoneksi melalui engsel magnetik yang memungkinkannya digonta-ganti dari notebook menjadi tablet – dan sebaliknya – dengan mudah. Docking ini dipasangi backlit sehingga keyboard tersebut bisa digunakan di tempat gelap sekalipun.


Acer telah pula melengkapi Switch Alpha 12 dengan standar USB terbaru, USB 3.1 gen 1 Type-C, yang memiliki port bolak balik amat praktis dengan laju transfer berkapasitas 5 Gbps, 10 kali lebih cepat dibanding USB 2.0. Uniknya, port USB Type-C juga bisa difungsikan sebagai output video dan sumber daya yang mengalirkan listrik hingga 4.5W.

Display 12” beresolusi tinggi, yaitu QHD (2160 x 1440), dengan teknologi IPS, ikut mempermantap performa Switch Alpha 12 yang membuat area pandang lebih luas sehingga cocok untuk mereka yang kerap bekerja dengan spreadsheet.

Bagi para spAcer yang suka berlama-lama di depan laptop, tak perlu kuatir, mata Anda akan aman dan terbebas dari gejala lelah dan kering. Pasalnya, di Switch Alpha 12 itu Acer telah mengantisipasinya dengan membenamkan fitur Acer BlueLight Shield, teknologi pelindung kesehatan mata dari ancaman emisi cahaya biru pada layar notebook.

Switch Alpha 12 pun memanjakan spAcer dengan stylus pen yang mampu mendeteksi sensor tekanan pada layar secara lebih akurat dan menyempurnakan fungsi perangkat ini sebagai laptop sekaligus tablet yang canggih dan nyaman untuk semua aktivitas online maupun offline.



Penjelasan tentang Acer Switch Alpha 12.



Referensi tulisan dan gambar:
1. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
2. Badan Pusat Statistik Indonesia
3. Acer
4. Wikipedia
5. www.top10base.com
5. Dokumen pribadi


2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun.
Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya....