Sabtu, 03 Desember 2016

Cinta Tanah Air ala Blibli.com

____________________________________________________________________

Blibli.com berusaha menggugah semangat patriotisme lewat promosi produk-produk dalam negeri kepada 8,7 juta jiwa konsumen toko online di seluruh Indonesia, dengan moto “Big Choices Big Deals”.
_____________________________________________________________________

Sebuah bangsa biasanya menggelorakan semangat cinta tanah air rakyatnya lewat pekik lagu kebangsaan, lagu-lagu perjuangan, peringatan hari-hari besar nasional, dan aksi-aksi patrotik lainnya.

Namun prakarsa Blibli.com, salah satu pelopor online shopping mall di nusantara, patut menjadi acuan. Yakni tentang bagaimana dunia usaha – yang merupakan satu dari tiga stakeholder utama sebuah demokrasi di samping rakyat dan pemerintah – berpartisipasi aktif dalam misi kebangsaan sembari tetap gigih memutar roda bisnisnya.

Sesungguhnya inisiatif unik dan kreatif yang dilakukan Blibli.com secara teknis cukup sederhana sehingga kalangan pengelola e-shopping lainnya amat mudah mengadopsi serta mereplikasinya. Yaitu hanya dengan menyediakan satu kategori belanja bertajuk “Galeri Indonesia” di situs belanja online-nya.

Walhasil, jumlah kategori belanja di Blibli.com pun berjumlah 15 tautan: Handphone & Tablet, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Komputer & Laptop, Kamera, Mainan & Video Games, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Home & Living, Fashion Wanita, Ibu & Anak, Tiket & Voucher, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif, Kuliner, dan Galeri Indonesia sendiri yang notabene 100% Produk Kreatif Asli Indonesia.

Dalam menjajakan berbagai barang dan jasa produksi anak negeri lewat Galeri Indonesia itu Blibli.com tidak hanya menggembar-gemborkan slogan “cintai produk Indonesia”. Namun Blibli.com juga berusaha meyakinkan para customer bahwa produk Indonesia memiliki kualitas ekspor yang tak kalah dengan kualitas produk-produk dari luar.

Jadi, “Kita juga dapat berbangga hati memakai produk Indonesia, Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia” tegas Blibli.com di lamannya.

Blibli.com berdalih, “Dengan mencintai produk dalam negeri dan memakainya tentu akan mengembangkan eksistensi dan pemasaran produk-produk asli Indonesia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan cinta Anda pada produk Indonesia, Anda perlu membeli  produk asli Indonesia.”

Guna memikat para pelanggan, Blibli.com berusaha meningkatkan kualitas komoditas yang bersangkutan seraya menjaga agar harganya terjangkau, serta menjamin kemudahan dan kenyamanan dalam proses transaksi yang merupakan tradisi unik Blibli.com antara lain dengan menyediakan fasilitas cicilan 0% tenor 6 hingga 12 bulan,  gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia, layanan Customer Care yang siaga 24 jam per hari guna membantu para kosumen dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan Blibli.com.

Untuk kepuasan dalam berbelanja, Blibli.com juga memfasilitasi layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk diterima pemesan, sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya dengan sertifikasi VeriSign, Verified by VISA, MasterCard SecureCode dan Credit Card Fraud Detection System.

Tak tanggung-tanggung, di Galeri Indonesia tersebut Blibli.com menawarkan 6.123 item barang dan jasa dengan 9 kategori. Yakni Galeri Batik Indonesia dengan 1.189 item meliputi Galeri Aksesoris Batik, Galeri Batik Wanita, dan Galeri Batik Pria.

Selanjutnya Galeri Buku & Musik Indonesia: 493 item meliputi Galeri Musik Indonesia dan Galeri Kriya Indonesia.

Galeri Kriya Ruang Kerja: 679 item meliputi Galeri Kriya Dapur & Ruang Makan, Galeri Kriya Dekorasi Rumah, dan Galeri Buku Indonesia.

Galeri Kuliner Lokal Indonesia: 977 item meliputi Galeri Minuman Lokal Indonesia, Galeri Makanan Lokal Indonesia, Galeri Cemilan Lokal Indonesia, dan Galeri Bumbu Tradisional Indonesia.

Galeri Local Brands Indonesia: 1.009 item meliputi Galeri Aksesoris Local Brands, Galeri Pakaian Local Brands Wanita, dan Galeri Pakaian Local Brands Pria.

Galeri Pakaian Muslim Indonesia: 362 item meliputi Galeri Pakaian Muslim Wanita, dan Galeri Pakaian Muslim Pria.

Galeri Produk Kecantikan: 898 item meliputi Galeri Perawatan Tubuh, Galeri Perawatan Rambut, Galeri Perawatan Wajah, dan Galeri Make Up.

Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia: 498 item meliputi Galeri Pertunjukan Domestik Indonesia, dan Galeri Wisata Domestik Indonesia.

Terakhir yang unik dan menarik adalah Galeri Workshop sebanyak 18 item.

Melalui Galeri Workshop ini Blibli.com antara lain menawarkan lokakarya ARMA Museum & Resort di mana peminat akan mendapatkan pembelajaran untuk membuat sesuatu benda yang kreatif. Ini sangat direkomendasikan kepada tamu yang tidak hanya ingin tahu lebih banyak tentang budaya Bali, namun juga yang ingin membawa buah tangan dari keterampilan yang dipelajari peserta.

Yang lebih unik dan menariknya lagi, semua item yang dipasarkan lewat Galeri Workshop ini disertai fasilitas pemberian diskon berupa voucher sehingga biaya yang dibayar oleh konsumen lebih rendah dari tarif normal.

***

Salah satu dari 6.123 item barang dan jasa yang ditawarkan Blibli.com lewat Galeri Indonesia ialah lokakarya ARMA Museum & Resort di mana pesertanya – baik dari kalangan turis mancaegara maupun masyarakat lokal – akan mendapatkan edukasi untuk membuat benda-benda kreatif antara lain persembahan dari barang unik yang berwarna, daun dan janur yang dijalin, dan bambu untuk diukir. Mereka juga akan mempelajari arti dari persembahan harian dan cara untuk melakukan persembahan tersebut. Lokakarya ini sangat direkomendasikan kepada tamu yang tidak hanya ingin tahu lebih banyak tentang budaya Bali, namun juga yang ingin membawa buah tangan dari keterampilan yang akan menjadi ilmu lebih dari dirinya.


Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produksi dalam negeri merupakan isyu yang sangat krusial sejak era pemerintahan Orde Baru. Upaya ke arah ini semakin alot akibat kian maraknya persaingan ekonomi di kalangan bangsa-bangsa di dunia, terlebih sejak bergulirnya globalisasi di penghujung milenium kedua yang lalu.

Di zaman reformasi ini, pemerintah tambah kewalahan menggenjot minat masyarakat untuk menggunakan produksi dalam negeri terutama akibat pesatnya serbuan banyak macam barang dan jasa dari luar negeri. Situasi ini kian mencemaskan semenjak diterapkannya sistem perdagangan bebas dunia maupun regional utamanya paska disepakatinya Masyarakat Ekonomi Asean dan sistem perdagangan bebas Indonesia – Cina.

Itulah yang mendorong rezim-rezim di era demokrasi di tanah air dewasa ini semakin berjuang keras memotivasi rakyat agar mencintai produksi buatan anak-anak bangsa sendiri. Ini antara lain tercermin dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025.

Undang-undang ini menegaskan, bahwa dalam rangka memperkuat perekonomian domestik dengan orientasi dan berdaya saing global, maka perdagangan dalam negeri diarahkan untuk memperkokoh sistem distribusi nasional yang efisien dan efektif guna menjamin kepastian berusaha antara lain dalam rangka mengintegrasikan aktivitas perekonomian nasional dan terbangunnya kesadaran penggunaan produksi dalam negeri.

Di sini nampak jelas, yang dilakukan Bibli.com dengan Galeri Indonesia-nya itu pada hakekatnya bukan semata-mata sebuah business as usual dunia usaha di tanah air, melainkan juga merupakan amanah bangsa dalam rangka meningkatkan semangat cinta tanah air di kalangan rakyat Indonesia.





Referensi tulisan dan gambar penunjang:
1. Kementerian Komunikasi dan Informatika
2. Badan Pusat Statistik
3. Wikipedia
4. Blibli.com
5. YouTube.com
6. Dokumen pribadi

19 komentar:

  1. Balasan
    1. Betul Mas Ali, dua jempol untuk blibli.com...

      Hapus
  2. Hidup bliblicom. Saya mau jadi customer gimana caranya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas dah mampir di blogku, mau jadi customer blibli langsung saja register, terus jangan lupa belanja produk Indonesia...

      Hapus
  3. harusnya online shop lain belajar dari Blibli.

    BalasHapus
  4. Bagi saya ini kasus yang sangat menarik. Blibli.com bisa jadi contoh bahwa korporasi bisa berpartisipasi dalam meningkatkan kecintaan thd bangsa dan negara. Saya angkat topi untuk Blibli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, setuju banget... Blibli recommended...

      Hapus
  5. Balasan
    1. Semangat dukung terus Blibli dengan Galeri Indonesia di situs belanja online-nya

      Hapus
  6. Banyak juga pilihan di Galeri Indonesia. Sukses mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak. Benar, banyak sekali pilihannya. 100% produk kreatif asli Indonesia.

      Hapus
  7. wah keren ya sudah ada galeri indonesianya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, keren... banyak pilihan 100% produk kreatif asli Indonesia.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Cintailah produk2 Indonesia :D
    Bliblidotcom keren banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju... Bliblidotcom keren..
      Iya mbak, banyak manfaatnya mencintai produk-produk Indonesia.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun.
Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya....